Polri Peduli Penghijauan, Polres Boltim Rangkul Semua Komponen Lakukan Penanaman Pohon

526
Kapolres Boltim AKBP Irham Halid SIK Bersama Bupati Boltim Sehan Landjar, Saat Konferensi Pers Di Lapangan Upacara Polres Boltim. (Foto/lingkar8/eco)

Lingkar8.co.id, BOLTIM – Polres Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melakukan penanaman pohon bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim, dengan melibatkan seluruh kompenen yang ada di Boltim, Jumat, 10 Januari 2020.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Polri Peduli Penghijauan” dan slogan “Dari Tangan Kita Untuk Anak Cucu Kita.”

Dalam konferensi pers pada acara puncak yang dilaksanakan di Polres Boltim, Kapolres Boltim AKBP Irham Halid SIK, mengatakan, pihaknya melibatkan seluruh komponen dan jajaranya untuk melakukan penanaman pohon yang telah didistribusikan, yakni bibit mahoni dan nantu. “Kita merangkul semua komponen. Denhan harapan seluruh masyarakat sampai di desa-desa bisa melakukan penanaman pohon,” ujarnya.

Selain itu kata Kapolres, rangkaian penanaman pohon sudah dilaksanakan sebelumnya di Polsek-Polsek, terutama di lokasi-lokasi rawan longsor. “Sebelumnya sudah dilakukan penanaman pohon, dan saya memerintahakan di tiap Polsek untuk menanam pohon di wilayah rawan longsor agar bisa menjadi penyangga,” sebutnya.

Tenyunya kata AKBP Irham Halid SIK, pohon yang ditanam dan dirawat dengan baik akan dinikamti anak cucu di kemudian hari. “Natinya yang akan menikati apa yang kita warisi adalah anak cucu kita,” tuturnya.

Sementara, Bupati Boltim Sehan Landjar, yang hadir pada kegiatan tersebut, mengapresiasi gagasan yang sangat luar biasa dari Polri. ” Saya memberikan apresiasi kepada Kapolri yang telah menginstruksikan hingga ke Polsek-Polsek untuk menanam pohon,” ucap Bupati.

Lebih lanjut kata Bupati, penanaman pohon tidak merugikan, namun dapat memberikan banyak keuntungan terutama pada sisi kesehatan. “Menanam pohon tidak akan merugikan, tapi meningkatkan kualitas kesehatan dan membuat oksigen menjadi baik serta mengurangi polusi udara,” jelasnya.

Sedangkan untuk pemeliharaan, imbuh Bupati, harus ada keseimbangan dalam pemanfaatan, karena tidak mungkin manusia tidak menggunakan kayu. “Harus ada keseimbanhan antara pemanfaatan dan pembaharuan. Yaitu melakukan peremajaan dengan menanam pohon,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP-PKK Boltim yang juga sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara Ny Nursiwin Yunus Landjar Dunggio, Sekda Boltim Sonny Waroka, Asisten II Robi Mamonto, Ketua KPU dan Bawaslu, Pimpinan SKPD, Ketua KNPI Boltim Amalia Ramadhan S Landjar, Pemerintah Kecamatan dan Desa, Serta Siswa Siswi Pramuka yang turut serta melakukan penanaman pohon.

(Eco Budiyanto)