Ketua GAMKI Boltim Apresiasi Pengamanan Jalannya Ibadah Natal 25 Desember 2019

71
Tampak Ketua DPC GAMKI Boltim Rolly Oktavia Lang Bersama Sekertaris GP Ansor Boltim Taufik Wifra Mamonto dan Anggota Banser Boltim Asiri Mamonto. (Foto/Rolly Lang)

Lingkar8.co.id, BOLTIM – Ketua DPC GAMKI Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Rolly Oktavia Lang mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Aparat TNI/Polri bersama komponen masyarakat muslim yang melakukan pengamanan jalannya ibadah Natal 25 Desember 2019. Kamis, 26 Desember 2019.

Rolly Oktavia Lang menyampaikan, terima kasihnya serta mengapresiasi tindakan pengamanan yang dilakukan aparat TNI/ Polri  dan pemerintah Boltim bersama komponen masyarakat muslim yang ada di Boltim.

“Saya selaku Ketua DPC GAMKI Boltim memberikan penghargaan dan menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah, Aparat Keamanan TNI, Polres Boltim, terlebih khusus kepada saudara dan sahabat-sahabat Ormas Islam GP Ansor, Banser Boltim dan seluruh komponen masyarakat yang dengan penuh sukacita menyambut Natal bersama dengan umat nasrani yang ada di Boltim, lewat pemberian diri mereka untuk memberikan rasa nyaman dan damai kepada umat nasrani saat mereka ikut serta berperan langsung mengamankan  jalananya Ibadah Malam Natal sampai pada Ibadah hari Natal,” ucapnya.

Lebih lanjut kata Rolly, pada pelaksanaan Natal tahun ini (2019) penuh hikmat karena rasa persaudaraan dan kebersamaan sangat terasa. sesuai dengan tema PGI pada Natal kali ini yaitu ‘Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang.’

“Tanggal 25 Desember, merupakan hari peringatan lahirnya Yesus Kristus sang Juruselamat umat manusia yang dikenal dengan Hari Natal, dan dirayakan oleh seluruh umat Nasrani tak terkecuali yang ada di Boltim, Perayaan hari Natal tentunya sangat di nanti-natikan oleh umat Nasrani karena Natal membawa damai bagi semua umat manusia. Melalui perayaan Natal kali ini marilah selaku umat manusia kita saling menghargai dan menghormati serta hidup rukun dengan semua orang karena kita semua ciptaan Tuhan yang berlandaskan pada  Pancasila dalam bingkai NKRI. Perayaan Natal tahun ini sangatlah hikmat dan bermakna, karena kita menunjukkan rasa kebersamaan,” tuturnya.

Selain itu kata Ketua DPC GAMKI Boltim, jalinan persaudaraan antara Nasrani dan Islam akan terus diperkuat, sebab ia tidak bisa menafikan bahwa saudara sedarahnya pun ada yang beragama islam, jadi kebersamaan akan terus ada. Dan dalam hal pengamanan, dirinya juga mengerahkan anggotanya untuk menjaga jalannya perayaan hari besar Islam saat saudara-saudara muslimnya melaksanakan sembahyang.

“Dari silsilah keluarga yang saling ada keterkaitan, saya memiliki saudara sedarah yang beragama islam, dan begitupun sebaliknya, sehingga perbedaan keyakinan tidak akan meretakan hubungan harmonis yang sudah lama terjalin, sebagaimana jargon Sulawesi Utara, Torang Samua Basudara,” sebutnya.

Dengan demikian ia berharap, kedepan kebersamaan dan tali silaturahmi antar sesama dapat terus diperkuat, sehingga isu perpecahan dan radikalisme di bumi Boltim dan Sulawesi Utara umumnya, tidak akan pernah tumbuh.

“Harapannya kedepan implementasi persaudaraan meski beda keyakinan agama terus dijaga dengan baik, sesuai falsafah mogoguyang  Bolaang Mongondow untuk menjaga pogogutat bo pogoginalum yang di bingkai dengan mobobahasaan bo mo o aheran, dapat terus di perkuat,” pungkasnya.
(Eco Budiyanto)