Hewan Kurban Di Boltim Akan Diperiksa Kesehatan

56
Kepala Dinas Pertanian Boltim R Setiono.(foto/lingkar8/Eco)

Lingkar8.co.id, BOLTIM-Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), rencananya akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, agar masyarakat yang mengkonsumsi daging hewan kurban terhindar dari penyakit menular. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Boltim R Setiono. Jumat 19 Juli 2019.

Sebelum disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, kata Setiono, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.”Jadi, untuk hewan yang akan dikurbankan disaat lebaran Idul Adha nanti, yang pasti kami dari Dispertanak akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak yang akan dikurbankan,” tuturnya.

Nantinya, lanjut Setiono,  pemeriksaan hewan ternak akan dilakukan oleh tim kesehatan hewan dari Dispertanak. “Untuk pemeriksaannya akan dilakukan oleh tim kesehatan hewan yang dipimpin oleh drh. Insani,”sebutnya.

Jika dalam pemeriksaan, ternyata ada hewan yang sakit, tentunya kata Setiono, tidak akan dijadikan hewan kurban.”Ada penyakit spesifik hewan yang dilarang untuk dikonsumsi karena bisa menular bagi kesehatan manusia. Jenis penyakit tersebut seperti Antraks, penyakit mulut kuku. Dan apabila hewan mengalami sakit, tentu tidak bisa dijadikan hewan kurban,”tandasnya.(*/Eco Budiyanto)