KPU Boltim: 51.964 Pemilih Masuk DPT

125
Ketua KPU Boltim Jamal Rahman Iroth, Saat dikonfirmasi di ruang kerjanya.(foto/lingkar8/Eco)

Lingkar8.co.id, BOLTIM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 sebanyak 51.964 Pemilih, pada 21 Agustus 2018.

Menurut Ketua KPU Boltim Jamal Rahman Iroth, jumlah yang ada pada DPT tersebut masih ada kemungkinan terjadi perubahan jumlah hingga pada hari pelaksanaan pungut hitung pada 17 April 2019 nanti.”Nantinya akan ada ketambahan lagi ketika pada hari pemilihan ada masyarakat yang memilih menggunakan KTP itu masuk pada DPTB dan masyarakat yang telah terdaftar di daerah lain namun ia menggunakan hak pilih di Boltim maka itu masuk pada DPK,”tuturnya saat dikonfirmasi di kantornya, Jumat 31 Agustus 2019.

Selain itu, ia mengatakan pihaknya dalam melakukan proses pendaftaran pemilih mulai dari tingkat desa sampai kecamatan, sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.”Penetapan DPT ini sudah sesuai dengan mekanisme atauran berdasarkan PKPU,”ujarnya.

Dia menghimbau, kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), agar terus melakukan koordinasi dengan pemerintah desa, guna mendapatkan data yang valid dari desa agar bisa menjamin masyarakat untuk menggunakan hak pilih.”PPK dan PPS agar terus berkoordinasi dengan pemerintah desa dan mengawal serta memfasilitasi masyarakat pengguna hak pilih hingga terjamin haknya pada pemilihan nanti,” imbaunnya.

Harapannya, kepada semua masyarakat yang telah masuk dalam DPT agar menggunakan hak pilihnya.”Kepada masyarakat yang terdaftar di DPT agar menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019,” kata dia.

Untuk jumlah DPT Boltim saat ini berjumlah, Laki-laki: 27.116, Perempuan: 24.848, Total:51.964. dengan jumlah TPS 222.(ghaz)