Pemkot KK Tekan Angka Pengangguran dengan Pelatihan Ketrampilan Gratis

62
Hidayat Mokoginta. (foto/ist)

Lingkar8.co.id,KOTAMOBAGU- Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disdusnaker) terus menekan angka pengangguran, dengan menggelar pelatihan kepada pencari kerja.
Menariknya, pencari kerja yang didata oleh masing-masing kelurahan dan desa akan diberikan pelatihan tanpak dipungut biaya alis gratis.
“ Disdusnaker akan bekerja sama denga Lurah/Sangadi untuk mendata pengangguran yang ada di masing-masing Desa/Kelurahan. Tujuan pendataan itu untuk kegiatan pelatihan guna mengurangi angka pengangguran,” jelas Hidayat Mokoginta, Senin ( 30/01/2017).
Pelatihannya lanjut Mokoginta, akan dilaksanakan Febuari mendatang setelah data yang di ambil itu sudah lengkap semua.
“Ada beberapa pelatihan yang akan dilakukan diantaranya, Sevice AC, Operator komputer, Seni musik, Teknisi komputer ,Security, Mobil bensin, Menjahit dan Mengemudi. Itu kami hanya menyediakan pelatihan,untuk bantuan alat itu tidak,”tambahnya Diketahui, dalam Satu Kelurahan itu ada 10 orang yang diambil untuk pelatihan minat dan itu dilakukan secara bergiliran ditiap Kelurahan.
“Jadi,dalam satu kelurahan itu misalnya sudah ada pelatihan mengemudi, maka tahun depan akan akan dialihkan ke kelurahan lain. Nanti pelatihannya akan kami sesuikan dengan minat mereka masing- masing,”tambah Mokoginta.
Dikatakannya, dengan pelatihan yang diberikan akan mengurangi angka pengangguran. “Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan dari sini tingkat pengangguran yang ada di KK bisa relatif berkurang,”tutup Mokoginta. (alfin)