Pagelaran Seni dan Budaya Daerah Semarakan Perayaan Idul Fitri 1437 H di Kota Molibagu

146
Ire;lrengku yakni menumbu padi adalah seni dan budaya adat Bolango yang hingga kini terus dilestarikan.

Lingkar8,BOLSEL-Perayaan hari raya Idul Fitri 1437 H, di Kota Molibagu semarak. Momen berbahagia tersebut diisi dengan pagelaran seni dan budaya daerah diantaranya lomba tangkade, irellengku (menumbuk padi), serta rupa-rupa kegiatan seperti tarik tambang.
Menariknya, lomba yang dipusatkan dilapangan olah raga Molibagu tersebut juga turut diikuti oleh Wakil Bupati Iskandar Kamaru, Camat Bolaang Uki, Sukri Van Gobel, anggota DPRD Bolsel Sukri Adam dan Sangadi Popodu Emil Salim Mane. “ Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyeramarak hari raya Idul Fitri,” ujar Emil Salim Mane.
Kegiatan yang berlangsung beberapa hari ini, sambung Sangadi Popodu itu, dilaksanakan dalam rangka melestarikan seni dan budaya daerah. “ Lomba dan kegiatan ini, mengingatkan kita betapa indahnya kebersamaan, dimana masyarakat dan pejabat bersama-sama ikut berpartisipasi dalam kegiatan guna melestarikan seni dan budaya daerah yang masih terjaga dan terpelihara dengan baik,” sambung Emil sapaan akrabnya.
Anggota DPRD Bolsel, Sukri Adam yang juga turut berpatisipasi dalam kegiatan tersebut, memberikan apresiasi yang cukup besar. “ Salut kepada pemerintah desa dan masyarakat, berkat kegiatan ini, potensi seni dan budaya daerah yang mulai pudar kembali terangkat, sehingga kedepan ini dapat dilestarikan sebagai kekayaan daerah yang patut dipertahankan. (tro)